PENGANTAR PENDIDIKAN "mengapa diperlukan pendidikan sepanjang hayat?"
Pendidikan
merupakan suatu upaya sadar manusia untuk mendewasakan anak. Secara
umum Pendidikan merupakan suatu proses berkelanjutan yang mengandungi
unsur-unsur pengajaran, latihan, bimbingan dan pimpinan dengan tumpuan
khas kepada pemindahan berbagai ilmu, nilai agama dan budaya serta
kemahiran yang berguna untuk diaplikasikan oleh individu (pengajar atau
pendidik) kepada individu yang memerlukan pendidikan.
Mengapa pendidikan sepanjang hayat diperlukan?
Pendidikan
merupakan suatu upaya sadar manusia untuk mendewasakan anak. Secara
umum Pendidikan merupakan suatu proses berkelanjutan yang mengandungi
unsur-unsur pengajaran, latihan, bimbingan dan pimpinan dengan tumpuan
khas kepada pemindahan berbagai ilmu, nilai agama dan budaya serta
kemahiran yang berguna untuk diaplikasikan oleh individu (pengajar atau
pendidik) kepada individu yang memerlukan pendidikan.
PHS akan
meningkatkan persamaan distribusi pelayanan pendidikan, memiliki
implikasi ekonomi yang menyenangkan, esensial dalam menghadapi struktur
sosial yang berubah terdapat alasan-alasan kejuruan untuk menetapkannya
akan menghantarkan peningkatan kualitas hidup. Gagasan dasarnya bahwa
pendidikan harus dikonsepkan secara formal sebagai proses yang terus
menerus dalam kehidupan individu, mulai dari anak-anak sampai dewasa.
1. Alasan Keadilan
Terselenggaranya
PSH secara meluas di kalangan masyarakat dapat menciptakan iklim
lingkungan yang memungkinkan terwujudnya keadilan sosial.Hinsen
menunjukan konteks yang lebih luas yaitu dengan terselenggaranya PSH
yang lebih baik akan membuka peluang bagi perkembangan nasional untuk
mencapai tingkat persamaan internasional (Cropley: 33). Dalam hubungan
ini Bowle mengemukakan statemen bahwa pada prinsipnya dapat
mengeliminasi peranan sekolah sebagai alat untuk melestarikan
ketidakadilan sosial (Cropley: 33).
2. Alasan Ekonomi
Tidak
dapat dipungkiri, alasan ekonomi merupakan alasan yang sangat vital
dalam penyelenggaraan pendidikan. Apalagi di Negara sedang berkembang
biaya untuk perluasan pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan
hampir-hampir tidak tertanggulangi. Di satu sisi tantangan untuk
mengejar keterlambatan pembangunan dirasakan, sedangkan di sisi lain
keterbatasan biaya dirasakan menjadi penghambat. tidak terkecuali di
Negara yang sudah maju teknologinya, yaitu dengan munculnya kebutuhan
untuk memacu kualitas pendidikan dan jenis-jenis pendidikan, dan mereka
merasa berat beban biaya penyelenggaraan pendidikan tersebut. Dalam
hubungannya dengan masalah tersebut PSH yang secara radikal mendasarkan
diri pada konsep baru dalam pemrosesan pendidikan memiliki implikasi
pembiayaan pendidikan yang lebih luas dan lebih longgar (Cropley: 35).
3. Alasan Faktor Sosial
Faktor
yang berhubungan dengan perubahan peranan keluarga, remaja, dan
emansipasi wanita dalam kaitannya dengan perkembangan iptek.
Perkembangan iptek yang demikian pesat yang telah melanda negara maju
dan negara-negara yang sedang berkembang memberi dampak yang besar
terhadap terjadinya karena adanya perubahan-perubahan kehidupan sosial
ekonomi dan nilai budaya. Seperti berubahnya corak pekerjaan, status dan
peran adolesen versus kelompok dewasa, hubungan sosial pekerja dengan
atasannya, khususnya bertambahnya usia harapan hidup dan menurunnya
jumlah kematian bayi, dan yang tak kalah pentingnya ialah berubahnya
sistem dalam peranan lembaga pendidikan.
Fungsi pendidikan yang
seharusnya diperankan oleh keluarga, dan juga fungsi lainnya, seperti
fungsi ekonomi, rekreasi dan lain-lain, lebih banyak diambil alih oleh
lembaga-lembaga, organisasi-organisasi di luar lingkungan keluarga,
khususnya oleh sekolah. Jika dahulu masa anak dan remaja diartikan
sebagai masa belajar dalam dunia persekolahan, sedangkan dunia orang
dewasa adalah dunia kerja, kini garis batas yang memisahkan kedua
kelompok usia tersebut sedang menjadi kabur
4. Alasan Perkembangan Iptek
Uraian
sebelumnya telah menjelaskan betapa luasnya pengaruh perkembangan iptek
dalam semua sektor pembangunan. Meskipun diakui bahwa pengaruh tersebut
di dalam dunia pendidikan belum sejauh yang terjadi pada dunia
pertanian, industri, transportasi, dan komunikasi. Namun invensinya
didalam dunia pendidikan telah menggejala dalam banyak hal.
5. Alasan Sifat Pekerjaan
Kenyataan
menunjukkan bahwa perkembangan iptek disatu sisi dalam skala besar
menyita pekerjaan tangan diganti dengan mesin, tetapi tidak dapat
dipungkiri disisi yang lain juga memberi andil kepada munculnya
pekerjaan-pekerjaan baru yang menyerap banyak tenaga kerja dan munculnya
cara-cara baru dalam memproses pekerjaan. Akibatnya pekerjaan menuntut
persyaratan kerja yang selalu saja berubah.
Selasa, 20 November 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar