PENGANTAR PENDIDIKAN "mengapa diperlukan pendidikan sepanjang hayat?"
Pendidikan
 merupakan suatu upaya sadar manusia untuk mendewasakan anak. Secara 
umum Pendidikan merupakan suatu proses berkelanjutan yang mengandungi 
unsur-unsur pengajaran, latihan, bimbingan dan pimpinan dengan tumpuan 
khas kepada pemindahan berbagai ilmu, nilai agama dan budaya serta 
kemahiran yang berguna untuk diaplikasikan oleh individu (pengajar atau 
pendidik) kepada individu yang memerlukan pendidikan.
Mengapa pendidikan sepanjang hayat diperlukan?
Pendidikan
 merupakan suatu upaya sadar manusia untuk mendewasakan anak. Secara 
umum Pendidikan merupakan suatu proses berkelanjutan yang mengandungi 
unsur-unsur pengajaran, latihan, bimbingan dan pimpinan dengan tumpuan 
khas kepada pemindahan berbagai ilmu, nilai agama dan budaya serta 
kemahiran yang berguna untuk diaplikasikan oleh individu (pengajar atau 
pendidik) kepada individu yang memerlukan pendidikan.
PHS akan 
meningkatkan persamaan distribusi pelayanan pendidikan, memiliki 
implikasi ekonomi yang menyenangkan, esensial dalam menghadapi struktur 
sosial yang berubah terdapat alasan-alasan kejuruan untuk menetapkannya 
akan menghantarkan peningkatan kualitas hidup. Gagasan dasarnya bahwa 
pendidikan harus dikonsepkan secara formal sebagai proses yang terus 
menerus dalam kehidupan individu, mulai dari anak-anak sampai dewasa.
1. Alasan Keadilan
Terselenggaranya
 PSH secara meluas di kalangan masyarakat dapat menciptakan iklim 
lingkungan yang memungkinkan terwujudnya keadilan sosial.Hinsen 
menunjukan konteks yang lebih luas yaitu dengan terselenggaranya PSH 
yang lebih baik akan membuka peluang bagi perkembangan nasional untuk 
mencapai tingkat persamaan internasional (Cropley: 33). Dalam hubungan 
ini Bowle mengemukakan statemen bahwa pada prinsipnya dapat 
mengeliminasi peranan sekolah sebagai alat untuk melestarikan 
ketidakadilan sosial (Cropley: 33).
2. Alasan Ekonomi
Tidak 
dapat dipungkiri, alasan ekonomi merupakan alasan yang sangat vital 
dalam penyelenggaraan pendidikan. Apalagi di Negara sedang berkembang 
biaya untuk perluasan pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan 
hampir-hampir tidak tertanggulangi. Di satu sisi tantangan untuk 
mengejar keterlambatan pembangunan dirasakan, sedangkan di sisi lain 
keterbatasan biaya dirasakan menjadi penghambat. tidak terkecuali di 
Negara yang sudah maju teknologinya, yaitu dengan munculnya kebutuhan 
untuk memacu kualitas pendidikan dan jenis-jenis pendidikan, dan mereka 
merasa berat beban biaya penyelenggaraan pendidikan tersebut. Dalam 
hubungannya dengan masalah tersebut PSH yang secara radikal mendasarkan 
diri pada konsep baru dalam pemrosesan pendidikan memiliki implikasi 
pembiayaan pendidikan yang lebih luas dan lebih longgar (Cropley: 35).
3. Alasan Faktor Sosial
Faktor
 yang berhubungan dengan perubahan peranan keluarga, remaja, dan 
emansipasi wanita dalam kaitannya dengan perkembangan iptek. 
Perkembangan iptek yang demikian pesat yang telah melanda negara maju 
dan negara-negara yang sedang berkembang memberi dampak yang besar 
terhadap terjadinya karena adanya perubahan-perubahan kehidupan sosial 
ekonomi dan nilai budaya. Seperti berubahnya corak pekerjaan, status dan
 peran adolesen versus kelompok dewasa, hubungan sosial pekerja dengan 
atasannya, khususnya bertambahnya usia harapan hidup dan menurunnya 
jumlah kematian bayi, dan yang tak kalah pentingnya ialah berubahnya 
sistem dalam peranan lembaga pendidikan.
Fungsi pendidikan yang 
seharusnya diperankan oleh keluarga, dan juga fungsi lainnya, seperti 
fungsi ekonomi, rekreasi dan lain-lain, lebih banyak diambil alih oleh 
lembaga-lembaga, organisasi-organisasi di luar lingkungan keluarga, 
khususnya oleh sekolah. Jika dahulu masa anak dan remaja diartikan 
sebagai masa belajar dalam dunia persekolahan, sedangkan dunia orang 
dewasa adalah dunia kerja, kini garis batas yang memisahkan kedua 
kelompok usia tersebut sedang menjadi kabur
4. Alasan Perkembangan Iptek
Uraian
 sebelumnya telah menjelaskan betapa luasnya pengaruh perkembangan iptek
 dalam semua sektor pembangunan. Meskipun diakui bahwa pengaruh tersebut
 di dalam dunia pendidikan belum sejauh yang terjadi pada dunia 
pertanian, industri, transportasi, dan komunikasi. Namun invensinya 
didalam dunia pendidikan telah menggejala dalam banyak hal.
5. Alasan Sifat Pekerjaan
Kenyataan
 menunjukkan bahwa perkembangan iptek disatu sisi dalam skala besar 
menyita pekerjaan tangan diganti dengan mesin, tetapi tidak dapat 
dipungkiri disisi yang lain juga memberi andil kepada munculnya 
pekerjaan-pekerjaan baru yang menyerap banyak tenaga kerja dan munculnya
 cara-cara baru dalam memproses pekerjaan. Akibatnya pekerjaan menuntut 
persyaratan kerja yang selalu saja berubah.
Selasa, 20 November 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 
0 komentar:
Posting Komentar